Semoga semua mahkluh berbahagia Link text here

Arrow up
Arrow down
Kelinci adalah ciptaan Tuhan juga, semestinya hidup bebas, namun ketika kita mengkandangkannya, seharusnya dapat menikmat hidup menyenangkan seakan bebas di alam habitanya ------ Mencari KAWAN mahasiswa yang berniat mandiri untuk berkegiatan di peternakan kelinci dan atau pet animal lainnya, ada kamar kosong FREE bisa untuk 2-4 orang, ada rumah kosong bisa untuk 4-6 orang FREE, sambil berkegiatan ada fasilitas GRATIS dapat uang, sangat cocok untuk yang mempunyai visi kewirausahaan dan etos kemandirian, lokasi dekat dengan kampus undip atleast 15 menit, MINAT hubungi kami via call 0858.7557.5557 (no-sms)
Sekilas Kelinci Hias Semarang Bermula dari kecintaan terhadap hewan peliharaan dan kegemaran dalam memelihara "peliharaan rumah", memilih, menimbang... Read more
Budidaya Kelinci Menggunakan Pakan Limbah BUDIDAYA KELINCI MENGGUNAKAN PAKAN LIMBAH INDUSTRI PERTANIAN SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF C.M. Sri Lestari, E.... Read more
Budidaya Ternak Kelinci Budidaya Ternak Kelinci Berikut ini adalah serba-serbi budidaya ternak kelinci dimulai dengan sejarah singkat ternak... Read more
Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula Jangan membeli kelinci anakan di bawah umur 2 bulan. Itu akan... Read more
Rekomendasi Komposisi Bahan Pembuatan Pelet Kelinci Berikut ini adalah rekomendasi komposisi bahan-bahan pembuatan pelet kelinci untuk berbagai tujuan dan kesehatan... Read more
Penyakit Kelinci dan cara mengobatinya Penyakit Kelinci dan cara mengobatinya Keberhasilan dalam beternak kelinci salah satunya adalah bagaimana pencegahan... Read more
Hadiah Rutin Hadiah Rutin kami berikan kepada anak-anak usia maksimal SD yang berulang tahun dan terdaftar di fanpage KIAS, kami... Read more
Lokasi Ternak Menunggu informasi selanjutnya... dalam update karena ada perombakan kandang besar-besaran, kandang yang semula... Read more
   

Menu Komersial  

   

Kandang Kelinci  

   

Yahoo Messenger  

Simpati : 08122.9090996
Three: 0898.5777.494
Mentari: 0858.7557.5557
XL: 0877.00070.464
   

IKLAN KANMA

   

Sayangi Binatang  


   

Terbaru  

img_20141230_081816
Holand Lop Black
Rp1.500.000
azolla
Azolla
Rp30.000
ovita7
Ovita
Rp20.000
flop des
Anakan Fuzylop
Rp125.000
   

Sedang Online  

We have 67 guests and no members online

   

Peta Lokasi  

   
  • slid4
  • kanma1
   
   
   

221611 122161324531365 5198699 nBudidaya Ternak Kelinci

Berikut ini adalah serba-serbi budidaya ternak kelinci dimulai dengan sejarah singkat ternak kelinci, sentra  budidaya ternak kelinci, jenis-jenis ternak kelinci, manfaat ternak kelinci, persyaratan lokasi budidaya ternak kelinci,  pedoman teknis budidaya ternak kelinci, hama dan penyakit ternak kelinci dan lain-lain.

1. SEJARAH SINGKAT

Ternak ini semula hewan liar yang sulit dijinakkan. Kelinci dijinakkan sejak 2000 tahun silam dengan tujuan keindahan, bahan pangan dan sebagai hewan percobaan. Hampir setiap negara di dunia memiliki ternak kelinci karena kelinci mempunyai daya adaptasi tubuh yang relatif tinggi sehingga mampu hidup di hampir seluruh dunia. Kelinci dikembangkan di daerah dengan populasi penduduk relatif tinggi, Adanya penyebaran kelinci juga menimbulkan sebutan yang berbeda, di Eropa disebut rabbit, Indonesia disebut kelinci, Jawa disebut
trewelu dan sebagainya.

2. SENTRA PERIKANAN

Di Indonesia masih terbatas daerah tertentu dan belum menjadi sentra produksi/dengan kata lain pemeliharaan masih tradisional.

3. JENIS

Menurut sistem Binomial, bangsa kelinci diklasifikasikan sebagai berikut :
Ordo : Lagomorpha
Famili : Leporidae
Sub famili : Leporine
Genus : Lepus, Orictolagus
Spesies : Lepus spp., Orictolagus spp.
Jenis yang umum diternakkan adalah American Chinchilla, Angora, Belgian, Californian, Dutch, English Spot, Flemish Giant, Havana, Himalayan, New Zealand Red, White dan Black, Rex Amerika. Kelinci lokal yang ada sebenarnya berasal dari dari Eropa yang telah bercampur dengan jenis lain hingga sulit dikenali lagi. Jenis New Zealand White dan Californian sangat baik untuk produksi daging, sedangkan Angora baik untuk bulu.

4. MANFAAT

Manfaat yang diambil dari kelinci adalah bulu dan daging yang sampai saat ini mulai laku keras di pasaran. Selain itu hasil ikutan masih dapat dimanfaatkan untuk pupuk, kerajinan dan pakan ternak.

5. PERSYARATAN LOKASI

Dekat sumber air, jauh dari tempat kediaman, bebas gangguan asap, bau-bauan, suara bising dan terlindung dari predator.

6. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA

Yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak kelinci adalah persiapan lokasi yang sesuai, pembuatan kandang, penyediaan bibit dan penyediaan pakan.

Penyiapan Sarana dan Perlengkapan
Fungsi kandang sebagai tempat berkembangbiak dengan suhu ideal 21° C, sirkulasi udara lancar, lama pencahayaan ideal 12 jam dan melindungi ternak dari predator. Menurut kegunaan, kandang kelinci dibedakan menjadi kandang induk. Untuk induk/kelinci dewasa atau induk dan anak-anaknya, kandang jantan, khusus untuk pejantan dengan ukuran lebih besar dan Kandang anak lepas sapih. Untuk menghindari perkawinan awal kelompok dilakukan pemisahan antara jantan dan betina. Kandang berukuran 200x70x70 cm tinggi alas 50 cm cukup untuk 12 ekor betina/10 ekor jantan. Kandang anak (kotak beranak) ukuran 50x30x45 cm.
Menurut bentuknya kandang kelinci dibagi menjadi:

Kandang sistem postal, tanpa halaman pengumbaran, ditempatkan dalam ruangan dan cocok untuk kelinci muda.

Kandang sistem ranch ; dilengkapi dengan halaman pengumbaran.

Kandang battery; mirip sangkar berderet dimana satu sangkar untuk satu ekor dengan konstruksi Flatdech Battery (berjajar), Tier Battery (bertingkat), Pyramidal Battery (susun piramid).
Perlengkapan kandang yang diperlukan adalah tempat pakan dan minum yang tahan pecah dan mudah dibersihkan.

Pembibitan
Untuk syarat ternak tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci tersebut. Untuk tujuan jenis bulu maka jenis Angora, American Chinchilla dan Rex merupakan ternak yang cocok. Sedang untuk tujuan daging maka jenis Belgian, Californian, Flemish Giant, Havana, Himalayan dan New Zealand merupakan ternak yang cocok dipelihara.

Pemilihan bibit dan calon induk
Bila peternakan bertujuan untuk daging, dipilih jenis kelinci yang berbobot badan dan tinggi dengan perdagingan yang baik, sedangkan untuk tujuan bulu jelas memilih bibit-bibit yang punya potensi genetik pertumbuhan bulu yang baik. Secara spesifik untuk keduanya harus punya sifat fertilitas tinggi, tidak mudah nervous, tidak cacat, mata bersih dan terawat, bulu tidak kusam, lincah/aktif bergerak.

Perawatan Bibit dan calon induk
Perawatan bibit menentukan kualitas induk yang baik pula, oleh karena itu perawatan utama yang perlu perhatian adalah pemberian pakan yang cukup, pengaturan dan sanitasi kandang yang baik serta mencegah kandang dari gangguan luar.

Sistem Pemuliabiakan
Untuk mendapat keturunan yang lebih baik dan mempertahankan sifat yang spesifik maka pembiakan dibedakan dalam 3 kategori yaitu:

In Breeding (silang dalam), untuk mempertahankan dan menonjolkan sifat spesifik misalnya bulu, proporsi daging.

Cross Breeding (silang luar), untuk mendapatkan keturunan lebih baik/menambah sifat-sifat unggul.

Pure Line Breeding (silang antara bibit murai), untuk mendapat bangsa/jenis baru yang diharapkan memiliki penampilan yang merupakan
perpaduan 2 keunggulan bibit.

Reproduksi dan Perkawinan
Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5 bulan (betina dan jantan). Bila terlalu muda kesehatan terganggu dan mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dengan betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi/sore
hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu pejantan dipisahkan.

Proses Kelahiran
Setelah perkawinan kelinci akan mengalami kebuntingan selama 30-32 hari. Kebuntingan pada kelinci dapat dideteksi dengan meraba perut kelinci betina 12-14 hari setelah perkawinan, bila terasa ada bola-bola kecil berarti terjadi kebuntingan. Lima hari menjelang kelahiran induk dipindah ke kandang beranak untuk memberi kesempatan menyiapkan penghangat dengan cara merontokkan bulunya. Kelahiran kelinci yang sering terjadi malam hari dengan kondisi anak lemah, mata tertutup dan tidak berbulu. Jumlah anak yang dilahirkan bervariasi sekitar 6-10 ekor.

Pemeliharaan

Sanitasi dan Tindakan Preventif
Tempat pemeliharaan diusahakan selalu kering agar tidak jadi sarang penyakit. Tempat yang lembab dan basah menyebabkan kelinci mudah pilek dan terserang penyakit kulit.

Pengontrolan Penyakit
Kelinci yang terserang penyakit umumnya punya gejala lesu, nafsu makan turun, suhu badan naik dan mata sayu. Bila kelinci menunjukkan hal ini segera dikarantinakan dan benda pencemar juga segera disingkirkan untuk mencegah wabah penyakit.

Perawatan Ternak
Penyapihan anak kelinci dilakukan setelah umur 7-8 minggu. Anak sapihan ditempatkan kandang tersendiri dengan isi 2-3 ekor/kandang dan disediakan pakan yang cukup dan berkualitas. Pemisahan berdasar kelamin perlu untuk mencegah dewasa yang terlalu dini. Pengebirian dapat dilakukan saat menjelang dewasa. Umumnya dilakukan pada kelinci jantan dengan membuang testisnya.

Pemberian Pakan
Jenis pakan yang diberikan meliputi hijauan meliputi rumput lapangan, rumput gajah, sayuran meliputi kol, sawi, kangkung, daun kacang, daun turi dan daun kacang panjang, biji-bijian/pakan penguat meliputi jagung, kacang hijau, padi, kacang tanah, sorghum, dedak dan bungkil-bungkilan. Untuk memenuhi pakan ini perlu pakan tambahn berupa konsentrat yang dapat dibeli di toko pakan ternak. Pakan dan minum diberikan dipagi hari sekitar pukul 10.00. Kelinci diberi pakan dedak yang dicampur sedikit air. Pukul 13.00 diberi rumput sedikit/secukupnya dan pukul 18.00 rumput diberikan dalam jumlah yang lebih banyak. Pemberian air minum perlu disediakan di kandang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.

Pemeliharaan Kandang
Lantai/alas kandang, tempat pakan dan minum, sisa pakan dan kotoran kelinci setiap hari harus dibersihkan untuk menghindari timbulnya penyakit. Sinar matahari pagi harus masuk ke kandang untuk membunuh bibit penyakit. Dinding kandang dicat dengan kapur/ter. Kandang bekas kelinci sakit
dibersihkan dengan kreolin/lysol.

7. HAMA DAN PENYAKIT

Bisul
Penyebab: terjadinya pengumpulan darah kotor di bawah kulit.
Pengendalian: pembedahan dan pengeluaran darah kotor selanjutnya diberi Jodium.

Kudis
Penyebab: Darcoptes scabiei. Gejala: ditandai dengan koreng di tubuh.
Pengendalian: dengan antibiotik salep.

Eksim
Penyebab: kotoran yang menempel di kulit.
Pengendalian: menggunakan salep/bedak Salicyl.

Penyakit telinga
Penyebab: kutu.
Pengendalian: meneteskan minyak nabati.

Penyakit kulit kepala
Penyebab: jamur.
Gejala: timbul semacam sisik pada kepala.
Pengendalian: dengan bubuk belerang.

Penyakit mata
Penyebab: bakteri dan debu.
Gejala: mata basah dan berair terus.
Pengendalian: dengan salep mata.

Mastitis
Penyebab: susu yang keluar sedikit/tak dapat keluar.
Gejala: puting mengeras dan panas bila dipegang.
Pengendalian: dengan tidak menyapih anak terlalu mendadak.

Pilek
Penyebab: virus.
Gejala: hidung berair terus.
Pengendalian: penyemprotan antiseptik pada hidung.

Radang paru-paru
Penyebab: bakteri Pasteurella multocida.
Gejala: napas sesak, mata dan telinga kebiruan.
Pengendalian: diberi minum Sul-Q-nox.

Berak darah
Penyebab: protozoa Eimeira.
Gejala: nafsu makan hilang, tubuh kurus, perut membesar dan mencret darah.
Pengendalian: diberi minum sulfaquinxalin dosis 12 ml dalam 1 liter air.

Hama pada kelinci umumnya merupakan predator dari kelinci seperti anjing. Pada umumnya pencegahan dan pengendalianhama dan penyakit dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan kandang, pemberian pakan yang sesuai dan memenuhi gizi dan penyingkiran sesegera mungkin ternak yang sakit.

8. PANEN

Hasil Utama
Hasil utama kelinci adalah daging dan bulu

Hasil Tambahan
Hasil tambahan berupa kotoran untuk pupuk

Penangkapan
Kemudian yang perlu diperhatikan cara memegang kelinci hendaknya yang benar agar kelinci tidak kesakitan.

9. PASCAPANEN

Stoving
Kelinci dipuasakan 6-10 jam sebelum potong untuk mengosongkan usus. Pemberian minum tetap .

Pemotongan
Pemotongan dapat dengan 3 cara:

Pemukulan pendahuluan, kelinci dipukul dengan benda tumpul pada kepala dan saat koma disembelih.

Pematahan tulang leher, dipatahkan dengan tarikan pada tulang leher. Cara ini kurang baik.

Pemotongan biasa, sama seperti memotong ternak lain.

Pengulitan
Dilaksanakan mulai dari kaki belakang ke arah kepala dengan posisi kelinci digantung.

Pengeluaran Jeroan
Kulit perut disayat dari pusar ke ekor kemudian jeroan seperti usus, jantung dan paru-paru dikeluarkan. Yang perlu diperhatikan kandung kemih jangan sampai pecah karena dapat mempengaruhi kualitas karkas.

Pemotongan Karkas
Kelinci dipotong jadi 8 bagian, 2 potong kaki depan, 2 potong kaki belakang, 2 potong bagian dada dan 2 potong bagian belakang. Presentase karkas yang baik 49-52%.

10. ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA

Analisa Usaha Budidaya
Perkiraan analisis budidaya kelinci didasarkan pada jumlah ternak per 20 ekor induk:

Biaya Produksi

Kandang dan perlengkapan Rp. 1.000.000,-

Bibit induk 20 ekor @ Rp. 30.000, Rp. 600.000,-

Pejantan 3 ekor @ Rp. 20.000,- Rp. 60.000,-

Pakan

Sayur + rumput Rp. 1.000.000,-

Konsetrat (pakan tambahan) Rp. 2.000.000,-

Obat Rp. 1.000.000,-

Tenaga kerja 2 x 12 x Rp. 150.000,- Rp. 3.600.000,-
Jumlah biaya produksi Rp. 9.260.000,-

Pendapatan
Kelahiran hidup/induk/tahun = 31 ekor
Penjualan:

Bibit: 20 x 15 x Rp. 20.000,- Rp. 6.000.000,-

Kelinci potong 20 x 15 x Rp. 50.000,- Rp. 15.000.000,-

Feses/kotoran Rp. 60.000,-

Bulu Rp. 750.000,-
Jumlah pendapatan Rp. 21.810.000,-

Keuntungan Rp. 12.550.000,-

Parameter kelayakan usaha : – B/C ratio = 2,36

Gambaran Peluang Agribisnis
Gerakan peningkatan gizi yang dicanangkan pemerintah terutama yang berasal dari protein hewani sampai saat ini masih belum terpenuhi. Kebutuhan daging kita masih banyak dipenuhi dari impor. Kelinci yang punya keunggulan dalam cepatnya berkembang, mutu daging yang tinggi, pemeliharaan mudah dan rendahnya biaya produksi menjadikan ternak ini sangat potensial untuk dikembangkan. Apalagi didukung dengan permintaan pasar dan harga daging maupun bulu yang cukup tinggi.

11. DAFTAR PUSTAKA

Anonymous, 1986, Pemeliharaan Kelinci dan Burung Puyuh, Yasaguna, Jakarta.

Kartadisastra. HR, 1995, Beternak Kelinci Unggul, Kanisius, Yogyakarta.

Sarwono. B, 1985, Beternak Kelinci Unggul, Penebar Swadaya, Jakarta.

Yunus. M dan Minarti. S, 1990, Aneka Ternak, Universitas Brawijaya, Malang.

12. KONTAK HUBUNGAN

Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan – BAPPENAS Jl.Sunda Kelapa No. 7 Jakarta, Tel. 021 390 9829 , Fax. 021 390 9829

Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek, Gedung II BPPT Lantai 6, Jl. M.H.Thamrin No. 8, Jakarta 10340, Indonesia, Tel. +62 21 316 9166~69, Fax. +62 21 310 1952, Situs Web: http://www.ristek.go.id

Sumber : Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, Bappenas

   
Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula
Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula

Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula Jangan membeli kelinci anakan di bawah umur 2 bulan. Itu akan mengakibatkan kelinci mudah mati karena kekebalan tubuhnya rentan. Kelinci di petshop atau pinggir jalan sering dikatakan umur 1 bulan, bahkan ada yang bilang 2 bulan. Kita tidak tahu betul akan hal itu sebab kita tidak menerima kalender kelahiran. Para pedagang sering berbohong dengan mengatakan kelinci umur 1 bulan, padahal kecil-kecil, biasanya baru umur 20-25 hari. Kalau 2 bulan saja tidak diperbolehkan dibeli, maka 1 bulan jelas lebih gawat. Kelinci di bawah umur 3 bulan sangat raw [ ... ]

selengkapnya
Hadiah Rutin
Hadiah Rutin

Hadiah Rutin kami berikan kepada anak-anak usia maksimal SD yang berulang tahun dan terdaftar di fanpage KIAS, kami berikan GRATIS kelinci dan pakan kelincinya 5kg (bisa untuk 3-6 bulan), kami berikan edukasi pula perihal ternak kelinci sehingga positif untuk aktifitas sampingan dan melatih kewirausahaan sejak usia dini. Caranya gampang kog cukup klik LIKE fanpage kami seperti tertera di bawah, kemudian pm ke kami kapan hari ulang tahunnya Anak, adik, keponakan atau saudara kecil kita (untuk sementara hanya berlaku bagi 5 yang pertama saja di tiap bulannya), bagi yang beruntung akan kami cantu [ ... ]

selengkapnya
Penyakit Kelinci dan cara mengobatinya
Penyakit Kelinci dan cara mengobatinya

Penyakit Kelinci dan cara mengobatinya Keberhasilan dalam beternak kelinci salah satunya adalah bagaimana pencegahan terjadinya penyakit dan pengobatannya. Dibawah ini beberapa penyakit yang menimpa kelinci dan pencegahan dan pengobatannya .

A. Luka
Penyebabnya : macam luka disini karena digigit tikus, kucing , anjing atau terkena benda tajam lainnya.§
Pencegahan : tempatkan kelinci pada tempat yang aman dari gangguan§ predator ( tikus, kucing atau anjing dan kandang yang aman dari benda tajam ( kawat yang putus atau alas ataupun didinding kandang yang rusak ) ataupun kelinci yang diumbar [ ... ]

selengkapnya
Perombakan Kandang
Perombakan Kandang

Project saat ini adalah pembuatan kandang-kandang galvanis tanpa frame dengan ketebalan kawat 2-3mm, sebelumnya kami membuat kandang ternak dengan frame aluminium dan ram kawat galvaniz, namun karena karena terlalu memerlukan waktu yang relatif lama, maka kami membuat kandang dengan frame aluminium sebagai alternatif saja untuk dijual kembali, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan internal kandang kami menggunakan kandang tanpa frame, info selanjutnya dan foto-foto menyusul

selengkapnya
Budidaya Ternak Kelinci
Budidaya Ternak Kelinci

Budidaya Ternak Kelinci Berikut ini adalah serba-serbi budidaya ternak kelinci dimulai dengan sejarah singkat ternak kelinci, sentra  budidaya ternak kelinci, jenis-jenis ternak kelinci, manfaat ternak kelinci, persyaratan lokasi budidaya ternak kelinci,  pedoman teknis budidaya ternak kelinci, hama dan penyakit ternak kelinci dan lain-lain. 1. SEJARAH SINGKAT Ternak ini semula hewan liar yang sulit dijinakkan. Kelinci dijinakkan sejak 2000 tahun silam dengan tujuan keindahan, bahan pangan dan sebagai hewan percobaan. Hampir setiap negara di dunia memiliki ternak kelinci karena ke [ ... ]

selengkapnya
Tempat Pakan
Tempat Pakan

Dalam rangka perombakan kandang dari kandang aluminium dengan frame ke kandang galvanis, sekalian membuat sendiri tempat pakan dari akrilik transparan sehingga  isi pakan terpantau dari luar, tempat pakan ini cukup praktis sehingga memudahkan anak kandang memberikan pakan tanpa membuka menutup pintu utama       status belum jadi, akan bersambung dengan update foto-foto selanjutnya setelah jadi dan terpasang di kandang, yach ...akhirnya melalui percobaan panjang, motong akrilik bekas patah sekali dua kali, finally bisa juga, lumayan untuk hasil percobaan pakai akrilik beka [ ... ]

selengkapnya
Budidaya Kelinci Menggunakan Pakan Limbah
Budidaya Kelinci Menggunakan Pakan Limbah

BUDIDAYA KELINCI MENGGUNAKAN PAKAN LIMBAH INDUSTRI PERTANIAN SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF C.M. Sri Lestari, E. Purbowati dan T. Santoso Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penampilan produksi dan feed cost per gainkelinci yang dibudidayakan menggunakan limbah industri pertanian. Materi penelitian yang digunakan adalah 21 ekor kelinci Vlaamse Reus betina yang berumur 4 bulan dengan rata-rata bobot badan awal 1.488,09 + 129,56 g (CV = 8,71%). Kelinci-kelinci tersebut diberi tiga perlakuan pakan mengikuti pola rancangan aca [ ... ]

selengkapnya
Rekomendasi Komposisi Bahan Pembuatan Pelet Kelinc...
Rekomendasi Komposisi Bahan Pembuatan Pelet Kelinci

Berikut ini adalah rekomendasi komposisi bahan-bahan pembuatan pelet kelinci untuk berbagai tujuan dan kesehatan kelinci:

Komposisi pelet kelinci tanpa rumput (Untuk yang sulit mendapatkan bahan baku rumput) Ampas tahu 50% Bekatul 40% Tepung jagung giling 9% Mineral ( garam yodium ) 0,5% Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5% Komposisi pelet kelinci dengan rumput Bungkil kelapa 9% Bekatul 50% Tepung jagung giling 10% Bungkil keledai 20% Rumput kering 10%

selengkapnya
   
   

News Flash  

Trendy:
   

Pengiriman Order  

Mr. Agus/Novi--Botol Minum--Jl.Demok ...Ngunut   Tulungagung --Via Dakotacargo No.Resi: 0000001020889

Mr. Alif M--Biji Rumput--Jl.Merbabu RT.16/RW... Kroya   Cilacap --Via JNE No.Resi: 1719641130005

Mr. Gagadi Firgananto --Kandang Kelinci --Jl.Karangluhur RT-02/RW...Kalianget    Wonosobo  --Via Dakotacargo No.Resi: 00000010883500

Mrs. Marta--Suplemen--Jl.Cemapaka Putih Barat XI RT-01/RW..  Jakarta Timur --Via JNE No.Resi: 1537354010007

Mr. David O--Suplemen--Jl.Plano indah, Desa Pagar baru, Pesisir tengah, Kruwi, Lampung Barat   Bandarlampung --Via JNE No.Resi: 1632205780006

Mrs. Tita C--Vitamin--Jl.Kelapa Sawit III No...RT01 utan kayu Selatan  Jakarta Timur --Via JNE No.Resi: 16745191500007

Mr. Sodikin--Botol Minum--Polres Sintang Jl.Dr. Wahidin Sudirohusodo No..Kab. Sintang  Sintang --Via JNE No.Resi: 1566290470002

Mr. Emir Joyusha--Alat Suntik--Jl. Tanjung Raya 2 Gang Mutiara  Pontianak --Via JNE No.Resi: 1641108620005

Mr. Budi P--Vitamin--Jl. Raden saleh Studio Alam TVRI RT.02/RW...   Depok  --Via JNE No.Resi: 1623754320003

Mr. Mersiadi--Vitamin--Jl. Letnan Mukandadr gang Anggrek, RT06/RW...Lahat  Lahat  --Via JNE No.Resi: 1730039650004

Mr. Eduyu Kartawinata--Gunting Medis--Komplek Depo Depdikbud Blok A3/ ... Pejaten Barat, Pasar Minggu  Jakarta --Via JNE No.Resi: 1696390080006

Mr. Yuswardi--Vitamin--Jl. Bunga Lely No ..  Malang --Via JNE No.Resi: 1623761570002

Mr. Sugeng Prawoto -- Obat Kelinci --PT. Pertamina EP, Jl. Pulau Ligitan No.1   Tarakan --Via JNE No.Resi: 100029415111

Mr. Mochtar Shidiq -- Sentrat Kelinci -- Jl.Pakijangan No.... RT.01/RW..Pakijangan Bulakamba   Brebes  --Via JNE No.Resi: 1566305900005

Mr. Totok --Vitamin-- Kota Harapan Indah Cluster Aralia Blok HY 28 No...  Bekasi Utara   Bekasi  --Via JNE No.Resi: 1652592890003

Mr. Tri suryadi -- Vitamin--Jl.BTN  Minasa Indah C/7 Sungguminasa   Gowa --Via JNE No.Resi: 1000029405311

Miss. Lia -- Dot -- Jl.raya No...Sumpiuh Rumah Makan Pinggir Kali Sumpiuh  Purwokerto --Via JNE No.Resi: 1847554000006

Miss.Rita Puji A -- Kandang --Jl.Tanah Baru RT.../RW... Harja Mekar   Cikarang Utara  --Via JNE No.Resi: 000001036980

Mrs. Linda  -- Jl. Merdeka No...  Watansopeng --Via JNE No.Resi: 1623761580001

Mr. Nashinda S -- Vitamin - Todopuli 6 BTN Puri Taman Sari Blok D1 No...   Makasar --Via JNE No.Resi: 1652592900009

Mr. M. Asep Shaefulloh -- Vitamin - Jl. Pb sudirman Gg... Puti  Jember --Via JNE No.Resi: 00002816011

Mr. Umar S -- Sentrat Kelinci  - Jl. KH.Wahid Hasyim Gg. Sungai RT../RW...Samarinda Utara  Samarinda  --Via JNE No.Resi: 100043574911

Mr. Sulaiman  -- Vitamin - Komplek Perum PT. Telkom Griya Membacang Blok... Banuayu  Muaraenim  --Via JNE No.Resi: 1738861470005

Mr. Taufik Rahman-- Suplemen - Kebun Raya Cibodas Cipanas  Cianjur  --Via JNE No.Resi: 00028872612

Mr. Tri Suryadi -- Vitamin - Minasa Indah Blok CNO...Sungguminas  Gowa --Via JNE No.Resi: 00017027311

Mr. Rinto Syahputra  -- Vitamin - Luwuk Jl. Sanau No... Luwuk Banggai  Banggai  --Via JNE No.Resi: 00002874811

Mr. Yudhi Permana -- Sentrat - Jl. Duyung Raya No...  Bangka Belitung  --Via JNE No.Resi: 1566304860003

Mr. Tjipto -- Botol Minum - Jl. Margomulyo ... Pergudangan Suri Mulia Permai Blok JJ... Surabaya --Via JNE No.Resi: 000001061143

Miss Tita Cleo  -- Vitamin Cair-- Jl. kelapa sawit III No... Utan Kayu Selatan  Jakarta --Via JNE No.Resi: 1632212110001

Miss. Rina D -- Suplemen - Jl. Danau Tambora 7 No... Jaya Sukma  Depok  --Via JNE No.Resi: 00088513812

Mr. Zaenal A -- Sentrat - Jl. Waru 34 Blok D No....Perum Margahayu Jaya Bekasi Timur   Bekasi --Via JNE No.Resi: 100036515411

Miss. Febriani R -- Vitamin - Mayaang Kumpul 3...Mayangan Wiradesa   Pekalongan --Via JNE No.Resi: 1607924630000

 

 

 

 

 

 

 

 

   
  • kidrabbit
  • kartunama
  • DEwasa
  • tamankelinci
  • farel
   
  • Rex
  • Seal Point
  • Black HL
  • Cardname
   

Random Info  

IMG_20150928_075346
Anakan Holand Lop
Rp550.000
hotot
Hotot induk
Rp300.000
kandang kelinci3
Kandang 10 Plong
Rp2.750.000
   

Organisasi Kelinci  

   

Data Kunjungan  

2424265
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
121
659
5632
8479
38104
33565
2424265

Forecast Today
888

5.76%
0.82%
0.71%
0.15%
0.03%
92.53%
Online (15 minutes ago):66
66 guests
no members

Your IP:54.198.221.13
   

Terjemahan  

English Afrikaans Albanian Arabic Armenian Azerbaijani Basque Belarusian Bulgarian Catalan Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) Croatian Czech Danish Dutch Estonian Filipino Finnish French Galician Georgian German Greek Haitian Creole Hebrew Hindi Hungarian Icelandic Indonesian Irish Italian Japanese Korean Latvian Lithuanian Macedonian Malay Maltese Norwegian Persian Polish Portuguese Romanian Russian Serbian Slovak Slovenian Spanish Swahili Swedish Thai Turkish Ukrainian Urdu Vietnamese Welsh Yiddish